Skip to main content

5 ALASAN NOVEL "SANG ALKEMIS" WAJIB DIBACA

Sang Alkemis

The Alchemist | Sang Alkemis
Penulis   : Paulo Coelho
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN       : 978-602-03-2305-3
Tebal     : 216 hlm.

Buku ini telah banyak direkomendasikan teman-teman, untuk saya baca. Novel yang telah lahir di tahun 1988 (bahkan sebelum saya lahir bo!) ini banyak menuai review positif dari para pembacanya. Mungkin, saya terlambat untuk membahas novel yang sudah terkenal seantero dunia ini. Namun, tujuan saya nge-blog adalah sharing tentang apa yang saya sudah baca, dan harapan saya, semoga review saya ini dapat memberi impact positif buat teman-teman yang membaca blog saya ini.. Hehehehe…. 😊

Buku ini mengisahkan tentang proses pencarian “harta karun” oleh seorang penggembala muda. Proses yang dialami Santiago (si penggembala muda) tidaklah mudah dalam menemukan harta karun tersebut. Hingga suatu saat, dia bertemu sang alkemis (seseorang yang dapat menciptakan sesuatu dari ketiadaan) dengan mengikuti pertanda-pertanda yang ditakdirkan dalam proses hidupnya, menggapai impiannya tersebut, bahkan cintanya.


Me with The Alchemist

5 ALASAN NOVEL INI WAJIB DIBACA
1. Novel ini mengisahkan tentang bagaimana Santiago mencapai impiannya dengan penuh sikap optimis, keberanian, kegigihan dan tentunya dimaknai dan disempurnakan dengan sisi spiritualitasnya.

2. Banyak buku self-help yang menginspirasi pembacanya untuk mencapai impian. Namun, banyak buku bernuansa self-help tersebut menyajikannya dengan lebih teoritis, dengan poin-poin yang memuat beberapa faktor pendukung. Sedikit berbeda dengan apa yang disajikan pada novel tua ini. Hadir dalam sebuah kisah seorang Santiago dan Sang Alkemis, yang selalu mengingatkannya bahwa alam semesta akan mendukung setiap impiannya untuk menjadikannya nyata. (Kutipan-kutipan yang menarik dalam buku ini pastinya saya rangkum dibawah 😍)

3. Buku ini dikemas sederhana, sehingga tidak berkesan menggurui. 


4. The Alchemist menceritakan betapa hebatnya kekuatan dari mendengar suara hati, berusaha keras dalam mencapai impian, berani mengambil keputusan yang beresiko dan tidak menyerah dengan mengatasnamakan takdir. 

5. Dan yang terakhir, kenapa buku ini layak untuk dibaca?
Di era milenial sekarang ini, jaman serba instan, dan mau apa (harus) ada. Dengan membaca novel ini, jika kita benar-benar serius mengimplementasikan dalam kehiudpan kita, kita pasti menghargai setiap proses hidup yang tidak sekejap mata “jadi”. 



KUTIPAN BIJAK SANG ALKEMIS
Banyak kalimat yang menarik dan menyentuh saya, saat membaca novel yang berisikan 216 halaman ini. Namun, saya sederhanakan ke dalam 15 kutipan yang paling menarik, paling bijak (menurut saya) dan semoga dapat memberi impact bagi pembaca. 

1. Siapa pun dirimu, apa pun yang kau lakukan, kalau engkau sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, itu karena hasrat tersebut bersumber dari jiwa jagat raya. Itulah misimu di dunia ini.

2. Kewajiban sejati manusia adalah mewujudkan takdirnya.

3. Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantu meraihnya.

4. Rahasia kebahagiaan adalah dengan menikmati segala hal menakjubkan di dunia ini, tanpa pernah melupakan tetes-tetes air di sendokmu.

5. Kau harus selalu tahu pasti, apa yang kau inginkan… Anak itu tahu apa yang diinginkannya dan sekarang dia sedang berusaha mewujudkannya.

6. Bahasa antusiasme, bahasa orang yang berhasil dalam pekerjaannya yang dia lakukan dengan penuh cinta dan tujuan, juga sebagai bagian dari pencarian akan sesuatu yang diyakini dan dihasratinya.

7. Segala sesuatu dalam hidup ini adalah pertanda.

8. Kita banyak mengambil jalan memutar, tapi kita selalu mengarah ke tujuan semula. 

9. Masa depan sudah ditulis oleh Allah, dan apa yang telah ditulis-Nya selalu untuk kebaikan manusia. 

10. Dimana pun hatimu berada, disitulah hartamu berada.

11. Hanya ada satu hal yang membuat orang tak bisa meraih mimpinya : takut gagal.

12. Kitalah yang merawat Jiwa Dunia itu, dan kita pula yang menentukan apakah dunia tempat tinggal kita menjadi lebih baik atau lebih buruk. 

13. Setiap orang di dunia ini, apa pun pekerjaannya, memainkan peran penting dalam sejarah dunia. Dan biasanya orang itu sendiri tidak menyadarinya.

14. Dalam proses mewujudkan takdirnya dia telah belajar segala yang perlu diketahuinya dan telah mengalami segala yang diimpikannya. 

15. Hidup ini sangat murah hati pada orang-orang yang mau mengejar takdir mereka. 

Sang Alkemis mengajarkan bagaimana menghargai semua proses yang berjalan dalam menggapai impian dalam hidup. Bersyukur dalam setiap kegagalan yang tentunya ada pada setiap usaha dalam menggapai impian tersebut. 

Comments

  1. Dari quora, bisa jadi sering kesasar dengan disengaja ke sini , sangat menggugah pemikiran. Luar biasa akan isi dari blognya. terimakasih...

    ReplyDelete
  2. Aku baru pertama kali sih baca karya Paulo Coelho, tapi sekali baca, langsung jatuh cinta sama Sang Alkemis. Kisahnya ringan dan sederhana, tidak terlalu banyak, namun sarat banget akan makna dan perenungan hidup. Relate banget sama keresahan yang aku alami selama menjalani hidup. Pokoknya da best deh buku yang satu ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Irrashaimase.. Nge-Sushi di Sushi Tei Aja, Yuk!

Sumber : www.sushitei.co.id Hai readers..! Pasti udah gak asing lagi dong dengan nama restaurant Jepang, yang outletnya sudah tersebar pada  kota-kota besar di Indonesia.. Yapss… Sushi Tei.. Saya lupa sejak kapan, saya begitu doyan nge-sushi. Yang pasti sejak saya masih di kampung halaman saya di Medan, saya udah mulai rajin merayakan gajian awal bulan saya buat bertemu “sumpit” kebahagiaan saya di Sushi Tei.  Nah, kali ini, saya mau me-review menu Sushi Tei yang udah pernah saya makan, dan enaak.. Bagi saya sih, semuanya enak.. Sushi is cheaper than therapy. Saya bisa loh hanya dengan makan sushi favorit, mood saya yg lagi jelek, bisa jadi baik.. Sushi is my mood-booster 😍 Ini beberapa menu Sushi Tei kesukaan saya… Irrashaimase…! Salmon Crispy Aburi Ini salah satu sushi favorit saya. Pasti selalu saya pesan, dan untuk sushi yang ini, 1 piring pasti buat saya (mana mau bagi2 :P) Saya ga terlalu pinter untuk mendeskripsikanny

Review : Harry Potter and the Cursed Child

Harry Potter and the Cursed Child Finally, my new blog post on January 2019.. Lumos! Kali ini saya akan memberikan review buku yang berisikan skenario pementasan dari Harry Potter and Cursed Child, di West East London pada tahun 2016 lalu. Review saya berisikan spoiler. Jadi, sebelum kamu membaca lebih lanjut, silahkan quit my blog window kalo masih pengen baca sendiri tanpa spoiler-an. Tapi, kalo ga ada masalah, silahkan lanjut… hehehehe 😄 Kenapa saya memberikan penjelasan buku ini berisikan skenario?  Karena buku HP yang ke delapan ini berbeda dengan 7 seri HP lainnya. Pertama, alur cerita plot skenarionya beda, bukan seperti baca buku HP pendahulunya (pantas saja sebagian   potter head yang kecewa dengan buku ini). Kedua, konon katanya penulis buku ini tidak sepenuhnya JK Rowling. Rowling hanya memberikan karakter cerita miliknya, tetapi Jack Thorne yang “mengkaryakannya”.  Saya pribadi, sebenarnya tidak ingin membaca buku ini sejak English versi

Pengalaman Kehamilan dan Persalinan Pertama Bersama Ibupedia

Saya sedang hamil usia 7 bulan Menjadi seorang ibu hamil yang masih bekerja tidak selalu mudah untuk saya lakukan. Apalagi, ini merupakan kehamilan pertama saya, setelah penantian dua tahun. Terkadang deadline pekerjaan yang membuat saya harus pulang lebih lama dari biasanya menjadi tantangan di masa kehamilan saya. Dimana saat itu saya ingin tetap produktif dalam bekerja, namun tetap menjaga kenyamanan dan kesehatan janin saya.  Jujur saja, selama hamil saya rajin membaca artikel di Ibupedia   karena ini kali pertama saya jadi bumil. Saya sangat butuh banyak informasi akurat tentang kehamilan dan persalinan pada waktu itu. Ibupedia menjadi panduan saya, dalam mencari informasi yang akurat serta tips untuk bisa nyaman saat hamil dan melahirkan. Nah, saya pribadi pun mempunyai beberapa tips dalam menjaga kehamilan saya agar tetap aman dan nyaman selagi bekerja. Berikut tips yang dapat saya berikan.  Informasikan kepada Atasan dan Rekan Kerja tentang Kehamilan  Sumber:  Firmbee.com    U