5 ALASAN NOVEL "SANG ALKEMIS" WAJIB DIBACA

Juni 18, 2018
Sang Alkemis

The Alchemist | Sang Alkemis
Penulis   : Paulo Coelho
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN       : 978-602-03-2305-3
Tebal     : 216 hlm.

Buku ini telah banyak direkomendasikan teman-teman, untuk saya baca. Novel yang telah lahir di tahun 1988 (bahkan sebelum saya lahir bo!) ini banyak menuai review positif dari para pembacanya. Mungkin, saya terlambat untuk membahas novel yang sudah terkenal seantero dunia ini. Namun, tujuan saya nge-blog adalah sharing tentang apa yang saya sudah baca, dan harapan saya, semoga review saya ini dapat memberi impact positif buat teman-teman yang membaca blog saya ini.. Hehehehe…. 😊

Buku ini mengisahkan tentang proses pencarian “harta karun” oleh seorang penggembala muda. Proses yang dialami Santiago (si penggembala muda) tidaklah mudah dalam menemukan harta karun tersebut. Hingga suatu saat, dia bertemu sang alkemis (seseorang yang dapat menciptakan sesuatu dari ketiadaan) dengan mengikuti pertanda-pertanda yang ditakdirkan dalam proses hidupnya, menggapai impiannya tersebut, bahkan cintanya.


Me with The Alchemist

5 ALASAN NOVEL INI WAJIB DIBACA
1. Novel ini mengisahkan tentang bagaimana Santiago mencapai impiannya dengan penuh sikap optimis, keberanian, kegigihan dan tentunya dimaknai dan disempurnakan dengan sisi spiritualitasnya.

2. Banyak buku self-help yang menginspirasi pembacanya untuk mencapai impian. Namun, banyak buku bernuansa self-help tersebut menyajikannya dengan lebih teoritis, dengan poin-poin yang memuat beberapa faktor pendukung. Sedikit berbeda dengan apa yang disajikan pada novel tua ini. Hadir dalam sebuah kisah seorang Santiago dan Sang Alkemis, yang selalu mengingatkannya bahwa alam semesta akan mendukung setiap impiannya untuk menjadikannya nyata. (Kutipan-kutipan yang menarik dalam buku ini pastinya saya rangkum dibawah 😍)

3. Buku ini dikemas sederhana, sehingga tidak berkesan menggurui. 


4. The Alchemist menceritakan betapa hebatnya kekuatan dari mendengar suara hati, berusaha keras dalam mencapai impian, berani mengambil keputusan yang beresiko dan tidak menyerah dengan mengatasnamakan takdir. 

5. Dan yang terakhir, kenapa buku ini layak untuk dibaca?
Di era milenial sekarang ini, jaman serba instan, dan mau apa (harus) ada. Dengan membaca novel ini, jika kita benar-benar serius mengimplementasikan dalam kehiudpan kita, kita pasti menghargai setiap proses hidup yang tidak sekejap mata “jadi”. 



KUTIPAN BIJAK SANG ALKEMIS
Banyak kalimat yang menarik dan menyentuh saya, saat membaca novel yang berisikan 216 halaman ini. Namun, saya sederhanakan ke dalam 15 kutipan yang paling menarik, paling bijak (menurut saya) dan semoga dapat memberi impact bagi pembaca. 

1. Siapa pun dirimu, apa pun yang kau lakukan, kalau engkau sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, itu karena hasrat tersebut bersumber dari jiwa jagat raya. Itulah misimu di dunia ini.

2. Kewajiban sejati manusia adalah mewujudkan takdirnya.

3. Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantu meraihnya.

4. Rahasia kebahagiaan adalah dengan menikmati segala hal menakjubkan di dunia ini, tanpa pernah melupakan tetes-tetes air di sendokmu.

5. Kau harus selalu tahu pasti, apa yang kau inginkan… Anak itu tahu apa yang diinginkannya dan sekarang dia sedang berusaha mewujudkannya.

6. Bahasa antusiasme, bahasa orang yang berhasil dalam pekerjaannya yang dia lakukan dengan penuh cinta dan tujuan, juga sebagai bagian dari pencarian akan sesuatu yang diyakini dan dihasratinya.

7. Segala sesuatu dalam hidup ini adalah pertanda.

8. Kita banyak mengambil jalan memutar, tapi kita selalu mengarah ke tujuan semula. 

9. Masa depan sudah ditulis oleh Allah, dan apa yang telah ditulis-Nya selalu untuk kebaikan manusia. 

10. Dimana pun hatimu berada, disitulah hartamu berada.

11. Hanya ada satu hal yang membuat orang tak bisa meraih mimpinya : takut gagal.

12. Kitalah yang merawat Jiwa Dunia itu, dan kita pula yang menentukan apakah dunia tempat tinggal kita menjadi lebih baik atau lebih buruk. 

13. Setiap orang di dunia ini, apa pun pekerjaannya, memainkan peran penting dalam sejarah dunia. Dan biasanya orang itu sendiri tidak menyadarinya.

14. Dalam proses mewujudkan takdirnya dia telah belajar segala yang perlu diketahuinya dan telah mengalami segala yang diimpikannya. 

15. Hidup ini sangat murah hati pada orang-orang yang mau mengejar takdir mereka. 

Sang Alkemis mengajarkan bagaimana menghargai semua proses yang berjalan dalam menggapai impian dalam hidup. Bersyukur dalam setiap kegagalan yang tentunya ada pada setiap usaha dalam menggapai impian tersebut. 

2 komentar:

  1. Dari quora, bisa jadi sering kesasar dengan disengaja ke sini , sangat menggugah pemikiran. Luar biasa akan isi dari blognya. terimakasih...

    BalasHapus
  2. Aku baru pertama kali sih baca karya Paulo Coelho, tapi sekali baca, langsung jatuh cinta sama Sang Alkemis. Kisahnya ringan dan sederhana, tidak terlalu banyak, namun sarat banget akan makna dan perenungan hidup. Relate banget sama keresahan yang aku alami selama menjalani hidup. Pokoknya da best deh buku yang satu ini.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.